Tertib Laporan Keuangan, Bawaslu Mamuju Hadirkan Sekretariat Panwascam dalam Rakernis
|
MAMUJU-Dalam rangka peningkatan kualitas Laporan Keuangan dan Pertanggungjawaban Keuangan Panwaslu Kecamatan yang transparan, akuntabel dan sesuai standar akuntasi pemerintah, Bawaslu Kabupaten Mamuju mengundang Koordinator Sekretariat, staf pelaksana PNS, dan staf pengelola administrasi keuangan Panwanslu Kecamatan se-Kabupaten Mamuju dalam Rapat kerja teknis penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan Panwaslu Kecamatan pada pemilihan kepala daerah 2024 pada Jumat, 26 Juli 2024 di Grand Maleo Hotel, Mamuju.
Dalam sambutannya, Kepala Sekretariat Bawaslu Kabupaten Mamuju, Muhammad Imran Pathurrahman menyampaikan terkait harapannya agar forum ini dapat menjadi wadah yang bermanfaat dalam meningkatan kualitas kerja.
“Bapak, Ibu, Kegiatan ini merupakan kegiatan perdana sekretariat bagi kesekretariatan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Mamuju, Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi wadah forum yang bermenfaat untuk meningkatkan kualitas kerja kita”, ujar Imran.
Selain itu Imran juga menekankan mengenai kedisiplinan dan semangat dalam menjalankan tupoksi. “Pertemuan ini saya berharap senantiasa menjaga kedisiplinan mulai dari pemahaman tupoksi dan peningkatan semangat kerja dan besar harapan saya Rapat kerja teknis ini dapat mendorong progres laporan kecamatan yang semakin baik”, lanjutnya.
“Saya kembali mengingatkan pelaporan spj sesuai kesepakatan, bahwa di setiap tanggal 20-25 SPJ harus masuk untuk pengajuan anggaran di bulan berikutnya dan apabila terdapat hal-hal yang kurang jelas, Peserta dapat manfaatkan forum untuk berbagi dan menambah pengetahuan”, tutupnya.
Senada dengan hal tersebut Ketua Bawaslu Mamuju, Rusdin dalam membuka kegiatan menyampaikan terkait dengan pokok dari peran dan fungsi kesekretariatan.
“Saya selalu mengingatkan peran dan fungsi di sekretariat, pokoknya ada 3 pertama memfasilitasi terkait dengan SDM, Administrasi dan Keuangan”, ungkapnya.
“Terkait aspek SDM kepala sekretariat yang membina dan mengevaluasi agar staf bertugas sesuai peran fungsi dan masing-masing, aspek administrasi terkait dengan prosedur persuratan dan dokumen lainnya, dan aspek keuangan dengan memfasilitasi kerja-kerja panwascam”, lanjutnya.
“Pertemuan itu tentunya sebagai wadah untuk menyamakan presepsi, harapannya adalah pengelolaan anggaran khususnya pilkada sesuai dengan mekanisme prosedur, tetap sasaran dan tidak meninggalkan persoalan, Kita berharap agar dana hibah dikelola dengan baik dan penggunaan anggaran yang tepat sasaran”, tutupnya.
Rapat kerja teknis penyusunan laporan pertanggungjawaban keuangan Panwaslu Kecamatan pada pemilihan kepala daerah 2024 berlangsung selama dua hari ini menghadirkan narasumber yang kredibel dalam bidang keuangan yaitu Auditor Ahli Madya Inspektorat Provinsi Sulbar, Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Mamuju dan KPP Pratama Mamuju (Humas)
Penulis: Andi Muhfi Zandi M